PEMBUATAN IKLAN PRODUKSI 'GOOD TIME'
LEMBAR
PENGESAHAN
Pemain
1
Putri Adelia
|
Pemain
2
Aditia Arie
|
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah
H. Imam
Jawahir Spd, MM
NIP. 19690510 200501 1 015
|
Guru
Produktif Multimedia
Gunawan Ari Bowo.S,ST
1202008
|
KATA PENGANTAR
Segala
puji dan rasa syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, karunia
serta hidayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan Proposal pembuatan iklan sebuah
produk makanan ini.Iklan ini saya buat untuk memenuhi nilai tugas produktif
Multimedia SMK Antartika 2 Sidoarjo pada semester 6 Tahun Ajaran 2012/2013.
Praktek
pembuatan iklan ini saya lakukan berdasarkan teori dan praktek yang selama ini
saya pelajari, tentang macam-macam teknik kamera, teknik mengambilan gambar, editing,
proses produksi, pengertian iklan serta pembuatan proposal ini untuk
mendapatkan persetujuan dari Semua belah pihak yang bersangkutan.
Tak
lupa saya ucapkan banyak terima kasih kepada Bapak/Ibu guru yang telah
membimbing saya selama bersekolah di SMK Antartika 2 Sidoarjo dan memberikan
pengarahan kepada saya sehingga saya dapat mengerjakan tugas Pembuatan iklan
ini dengan baik.Semua ilmu yang Bapak/Ibu guru ajarkan kepada saya selama ini
sangat bermanfaat bagi saya. Akhir kata, saya sangat berharap proposal ini
secepatnya disetujui agar saya dapat segera melaksanakan proses produksi, pasca
produksi dan mengumpulkan tugas produktif pada semester 6 Tahun Ajaran 2012/2013
ini.
DAFTAR ISI
Hal
JUDUL………..………………………………………………………….....
Lembar
Pengesahan…………………………………………………...…......
|
i
ii
|
KATA
PENGANTAR………………………………..…………………......
|
iii
|
DAFTAR
ISI……………………………………….…………………….....
|
iv
|
BAB
I PENDAHULUAN………………………….……………………......
1.1
Latar Belakang………………………..………………..............
1.
Pengertian Iklan …………………………..……………......
2.
Pengertian Editing………………………….………….........
3.
Teknik Kamera………………………….…………............
4.
Kamera Angle…………………………….……………......
5.
Tahapan Produksi………………….……………….............
6.
Tahapan Editing…………………..…………………….......
1.2
Tujuan Pembuatan Iklan………………………………..…........
|
01
01
01
01
01
02
03
04
04
|
BAB
II PROSES PRODUKSI/JASA……………………………..................
2.1 Waktu dan Tempat Pelaksanaan……………………………........
· Waktu…………………………………….……………......
· Tempat
Pelaksanaan……………………………..……........
2.2 Alat dan
Bahan………………………………………………......
· Alat-alat yang
digunakan………………………………........
· Bahan yang
diperlukan………………………………….......
2.3 Gambar Alur
Kerja…………………………………………........
|
05
05
05
05
05
05
06
06
|
BAB
III DIRECTOR TREATMENT…………………………………….......
3.1 Naskah………………………………………………………......
· Scene
1………………………………………….…............
· Scene
2………………………………………………….....
· Scene
3………………………………………………….....
3.2 Visualisasi Script/Storyboard………………………………..........
· Gambar Alur
Storyboard……………………………….......
· Penjelasan
Alur Storyboard…………………………….......
Scene
1…………………………………………………....
Scene
2…………………………………………………....
Scene
3…………………………………………………....
3.3
Waktu dan Lokasi Pelaksanaan Proses Produksi…………….......
· Waktu………………………………………………….....
· Lokasi
pelaksanaan…………………….……………..........
3.4 Crew dan
Pemain……………………………………….…….....
· Crew……………………………………………………....
· Pemain…………………………………………………......
3.5 Biaya/Anggaran…………………………………………….........
|
07
07
07
07
08
09
09
10
10
11
12
13
13
13
13
13
13
13
14
|
BAB
IV PENUTUP………………………………………………….….......
4.1 Kesimpulan…………………………………………….…….......
4.2 Saran………………………………………………….………....
DAFTAR PUSTAKA………………………………………….........
Tentang
Penulis………….…...…………………………………....................
Lampiran………………………………………………………………….....
|
15
15
15
16
17
18
|
BAB I
PENDAHULUAN
1.1
1.1 Latar Belakang
1.
Pengertian
Iklan
Kata iklan berasal dari bahasa Yunani, yang artinya kurang
lebih adalah menggiring orang kepada gagasan.Adapun pengertian secara istilah
adalah semua bentuk aktivitas untuk menghadirkan dan mempromosikan ide, barang
dan jasa secara Nonpersonal yang dapat dibayar oleh sponsor tertentu.Menurut
Para Ahli iklan adalah kenyataan sekaligus kemampuan untuk mengidentifikasi
produk yang sah atau resmi, dan sudah tersedia dipasar atau ditengah
masyarakat.
2.
Pengertian
Editing
Editing adalah proses penyambungan gambar dari banyak short
tunggal sehingga menjadi kesatuan cerita yang utuh, Struktur Editing dalam
pekerjaannya dapat dibagi menjadi 2 yaitu :
• Linear Editing (Dengan menyusun gambar satu
persatu secara berurutan)
• Non Linear Editing (Menyusun gambar secara
acak)
3.
Teknik
Kamera
Macam bidang pandangan
pada perekaman gambar adalah :
• ELS (Extreme Long
Shot)
Shot sangat jauh,
menyajikan bidang pandangan yang lebih luas, kamera mengambil keseluruhan pandangan.
• LS (Long Shot)
Shot yang menyajikan bidang pandangan yang
lebih dekat dibandingkan dengan ELS objek masih didominasi oleh latar belakang
yang lebih luas.
• MLS (Medium Long Shot)
Shot yang menyajikan bidang pandangan yang
lebih dekat dari pada Long Shot, objek manusia biasanya ditampilkan dari atas
lutut sampai diatas kepala.
• MS (Medium Shot)
Disini
objek menjadi lebih besar dan dominan.Objek manusia ditampilkan dari atas
pinggang sampai atas kepala.
• MCU (Medium Close Up)
Shot amat dekat, objek diperlihatkan dari
bagian dada sampai atas kepala. MCU ini yang paling sering dipergunakan dalam
Televisi.
• CU (Close up)
Shot dekat, objek menjadi titik perhatian
utama dalam shot ini, latar belakang nampak sedikit sekali. Untuk objek manusia
biasanya ditampilkan wajah dari bahu sampai ke atas kepala.
• ECU (Extreme Close Up)
Shot yang menampilkan bagian tertentu dari tubuh manusia. Objek mengisi seluruh layar dan lebih jelas sangat detailnya.
• ECU (Extreme Close Up)
Shot yang menampilkan bagian tertentu dari tubuh manusia. Objek mengisi seluruh layar dan lebih jelas sangat detailnya.
4.
Kamera
Angle
Jenis-jenis Camera angle dalam shoting :
• High
Angle
Posisi kamera lebih tinggi dari objek sehingga tampak
objek dari atas dengan memiliki sudut kemiringan.
• Top Angle
Posisi
kamera ada di atas objek sehingga posisi dari atas kebawah.
• Bird Eye
View
Posisi
high angle tapi jarak lebih jauh.
•
Low angle
Posisi kamera lebih rendah dari objek
dengan mengambil posisi sudut miring.
• Frog Eye
Posisi
kemera ada dibawah paha.
• Eye Level
Pengambilan
dengan ketinggian sedang atau mendatar dengan objek.
• Profil Shot
Sama dengan eye level akan tetapi dengan
posisi kemiringan atau mempunyai sudut.
• Over
Sholuder
Pengambilan
gambar dari posisi belakang punggung objek.
5.
Tahapan
Produksi
• Pra Produksi
Tahap
Pra Produksi ialah tahap yang amat penting.Pada tahap ini ditentukan tujuan
produksi, penentuan target-target, penyusunan Crew, Schedule dan sebagainya.
Tidak ada rumusan yang benar-benar baku pada tahap Pra Produksi ini. Dan pada
tahap ini juga promosi brand di mulai.Pengecekkan alat-alat yang dibutuhkan
menjadi hal yang penting juga dalam tahap ini, juga kepastian dari actor itu
sendiri yang telah terkoordinir untuk kepastiannya actor tersebut menjadi objek
dalam iklan.
• Produksi
Pada
tahap Produksi pengambilan gambar dilakukan idealnya hingga tuntas.Kebutuhan
shooting video sebelumnya telah dirumuskan pada tahap Pra Produksi, idealnya
dalam bentuk story board yang mencakup banyak informasi termasuk sudut pengambilan
gambar (angle).
• Pasca Produksi
• Pasca Produksi
Pada
tahap Pasca Produksi semua bahan mentah produksi dikumpulkan untuk
diolah.Analoginya ialah seorang koki yang membawa semua bahan masakan dan bumbu
masakan dan bumbu ke dapur, untuk diolah sesuai resep yang telah ada. Dalam hal
ini “bahan masakan” ialah hasil shooting video, “bumbu” ialah bahan pendukung
lain seperti klip animasi, sound efek dll, serta “resep” ialah scenario itu
sendiri.
6.
Tahapan
Editing
• Capturing
Proses
pemindahan materi-materi syuting dari kamera video ke dalam computer editing.
• Editing
Proses
penyuntingan seluruh materi editing , menjadi tatanan video yang memiliki arti. Proses editing dibagi 2, yaitu Offline Editing
Proses membuang seluruh materi editing yang tidak diperlukan sehingga
terkumpullah materi-materi yang memang dibutuhkan dan proses yang kedua adalah
Online Editing Proses penyelarasan dari materi-materi offline sesuai
script/naskah.
• Mixing
Proses penyelarasan seluruh materi audio dalam
sebuah proses editing.
• Finishing
Proses finalisasi seluruh tahapan-tahapan
sebelumnya.
• Rendering
Proses merubah seluruh materi editing
menjadi video yang bisa dinikmati.
1.1 1.2 Tujuan
Pembuatan Iklan
Adapun tujuan pembuatan iklan ini adalah
sebagai berikut:
·
Mempromosikan
produk kepada masyarakat.
·
Mendorong
calon pelanggan untuk melakukan pembelian produk makanan.
·
Memperkenalkan
variasi rasa pada produk makanan.
·
Menyampaikan
perubahan harga kepada pelanggan.
·
Membuat
konsumen agar selalu ingat kepada produk.
PROSES
PRODUKSI/JASA
2.1 Waktu
dan Tempat Pelaksanaan
Waktu:
Pra
Produksi :
10
Januari 2012 – 12 Januari 2013
Produksi :
Produksi :
24
Januari 2013
Pasca Produksi :
Pasca Produksi :
29
Januari 2013 – 2 Februari 2013
Tempat Pelaksanaan
:
Semua
Scene :
Halaman
Rumah Adit,
Perum Griya Candi Asri.
2.2 Alat
dan Bahan
Alat-alat yang
digunakan :
1.
Kamera
Video
2.
Kabel
Output AV
3.
Televisi
4.
Komputer
Editing
5.
Tripod
6.
Kabel
Rool
Bahan yang
diperlukan :
1.
Mini DV
2.
Converter/Pitting
3.
DVD-R
2.3 Gambar
ALUR Kerja
Alur kerja yang kami lakukan adalah :
NO
|
KEGIATAN
|
Desember
2012
|
Januari
2013
|
Februari
2013
|
TEMPAT
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||
1
|
PRA
PRODUKSI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• Menentukan
Produk/Jasa
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sekolah
|
|
• Pembuatan
alur cerita
dan naskah
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rumah
Mita
|
|
• Pembagian
Tugas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sekolah
|
|
• Pencarian
Talent Iklan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sekolah
|
|
• Pembuatan
Storyboard
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rumah
Mita
|
|
• Izin lokasi
syuting
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rumah
Adit
|
|
• Pembuatan
Proposal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sekolah
|
2
|
PRODUKSI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• Proses
Syuting
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rumah
Adit
|
3
|
PASCA
PRODUKSI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
• Editing
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rumah
Mita
|
|
• Rendering
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Rumah
Mita
|
|
• Packaging
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Sekolah
|
BAB III
DIRECTOR TREATMENT
3.1 Naskah
Scene 1 :
Jalan Depan Rumah.
Disebuah
jalan ada seorang gadis sedang berjalan sambil menikmati biskuit “GOOD TIME”
favoritnya,
Dia
sangat menikmati biskuit tersebut hingga memakannya sambil tersenyum dan
berkata “Ueenak rekk”
Lalu
si gadis melihatkearah bungkus biskuit “GOOD TIME” itu dan dia baru menyadari
jika biskuit “GOOD TIME” favoritnya tersebut hanya tersisa 1 biji.
Dengan
wajah sedihnya si gadis mengatakan “yah kok tinggal satu sih?” (lalu
memperlihatkan bungkus “GOOD TIME” yang sudah kosong).
Scene 2 :
Jalan Depan Rumah.
Tiba-tiba
ada seorang anak laki-laki mengejar si gadis dan memanggilnya “Adel!!”
Lalu
si gadis menoleh kearah belakang, arah suara yang memanggil namanya tersebut
sambil menunjukkan wajah cemberut, bingung dan sedikit heran.Ternyata anak
laki-laki tersebut membawa sebungkus biskuit “GOOD TIME” untuk si gadis.
Anak
laki-laki itu tiba-tiba berlutut dan mengatakan “Adel, maukah kamu jadi
pacarku? Kalo’ mau kamu boleh ambil “GOOD TIME”nya!”.Lalu tanpa pikir panjang
si gadis secepat kilat mengambil biskuit “GOOD TIME” itu lalu membuka dan
memakannya.
Saat
si gadis sedang menikmati biskuit favoritnya itu Adit berdiri dan bertanya
“Jadi kamu terima aku nih?” dan Adel menjawab “iya deh, soalnya kamu bawain
biskuit “GOOD TIME” favoritku sih, jadi aku terima kamu ajah. Hehehe!!”
Scene 3 :
Jalan Depan Rumah.
Adel
dan Adit tersenyum melihat kearah kamera sambil menunjukkkan biskuit “GOOD
TIME” favorit mereka.
Gambar
kemasan “GOOD TIME” rasa Chocochips Chocolate Cookies.
· Long Shot.
· Bird eye view.
· Pemain 1.
Pemain 1 sedang berjalan sendirian sambil memakan biskuit.
·
Medium
Long Shot.
·
Eye
Level.
·
Pemain
1.
Pemain 1 sangat menikmati biskuit yang sedang dia
makan hingga tersenyum.
·
Medium
Shot.
·
Eye
Level.
·
Pemain
1.
Pemain 1 melihat kearah kemasan biskuit lalu menyadari
jika biskuit favoritnya itu hanya tersisa 1 biji.
·
Medium
Close Up.
·
Eye
Level.
·
Pemain
1.
Pemain 1 menunjukkan wajah cemberutnya karena biskuit
favoritnya hanya tersisa 1 biji.
·
Medium
Close Up.
·
High
Angle.
Menunjukkan kemasan GOOD TIME yang sudah kosong dan
hanya tersisa 1 biskuit yang dipegang oleh pemain 1.
Scene 2:
Jalan Depan Rumah.
· Long Shot.
· Eye Level.
· Pemain 1 dan 2.
Pemain 2 tiba-tiba muncul dan memanggil pemain 1 dari arah belakang pemain 1.
· Medium Shot.
· Eye Level.
· Pemain 1 dan 2.
Pemain 1 menoleh kearah belakang sambil menunjukkan wajah cemberut, bingung dan sedikit heran. Sementara pemain 2 tersenyum sambil menyodorkan sebungkus “GOOD TIME” kearah pemain 10.
·
Medium
Long Shot.
·
Profil
Shot.
·
Pemain
1 dan 2.
Pemain 2 berlutut dan
menyodorkan sebungkus “GOOD TIME” kearah pemain 1 yang siap untuk mengambilnya
sambil menyatakan perasaannya kepada pemain 1.
·
Medium
Shot.
·
Eye
Level.
·
Pemain
1 dan 2.
Pemain 2 kembali berdiri sementar pemain 1 asyik
menikmati biskuit “GOOD TIME”.
Scene 3 :
Jalan Depan Rumah.
·
Medium
Shot.
·
Eye
Level.
·
Pemain
1 dan 2.
Pemain 1 dan 2 tersenyum melihat kearah kamera sambil
menunjukkan kemasan biskuit “GOOD TIME”.
·
Long
Shot.
·
High
Angle.
Gambar
Kemasan biskuit “GOOD TIME”.
|
3.3 Waktu dan Lokasi Pelaksanaan Proses
Produksi
Waktu:
Pra
Produksi :
10
januari 2012 – 12 Januari 2013
Produksi :
Produksi :
24
Januari 2013
Pasca Produksi :
Pasca Produksi :
29
Januari 2013 – 2 Februari 2013
LokasiPelaksanaan :
Semua
Scene :
Halaman
Rumah Adit,
Perum Griya Candi Asri.
3.4 Crew dan Pemain
Crew :
Kameramen
:
Mita Q. Azizah
Mita Q. Azizah
Editor:
Mita Q. Azizah
Mita Q. Azizah
Pemain :
Pemain
1/Si Gadis:
Putri Adelia
Putri Adelia
Pemain
2/Anak Laki-laki :
Aditia Arie
Aditia Arie
3.5 Biaya/Anggaran
Pengluaran
|
:
|
Γ± Konsumsi
Γ± DVD (2)
Γ± 2 bungkus biskuit “GOOD TIME”
Γ±Lain-lain
|
Rp.
90.000,-
Rp.
14.000,-
Rp.
10.000,-
Rp.
20.000,-
|
Rp. 134.000,-
|
|||
BAB IV
PENUTUP
4.1 KESIMPULAN
Membuat,
menyelesaikan tugas produktif Multimedia kali ini tidak semudah yang
dibayangkan, Kami memerlukan kerjasama yang baik untuk mengerjakannya,
memerlukan proses waktu yang panjang dan berbagai tahap dalam pembuatan sebuah
Iklan Produk. Banyak pengetahuan/pelajaran baru yang kami dapatkan dan tentunya
sangat bermanfaat bagi kami.
Tugas kali ini membuat kami jauh lebih mengerti tentang macam-macam
teknik kamera, teknik mengambil gambar, Editing, proses produksi, pengertian
iklan serta pembuatan proposal ini untuk mendapatkan persetujuan dari Semua
belah pihak yang bersangkutan.
4.2
SARAN
Kami
sangat menyadari bahwa dalam pembuatan iklan ini masih jauh dari kesempurnaan,
dikarenakan ilmu dan pengetahuan kami yang juga belum sempurna.Maka dari itu
kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami butuhkan untuk
pengembangan ilmu kami dikemudian hari.
Tentang Penulis
:
Kelas
:XII
MM 2
No.
Absen :38
Program
Keahlian :Multimedia
SMK
Antartika 2 Sidoarjo
|
|
PROPOSAL PEMBUATAN IKLAN PRODUKSI
“GOOD TIME”
Sekolah :
SMK Antartika 2 Sidoarjo
Program
Keahlian :
Multimedia
Alokasi
Waktu :
3 Minggu
Batas
Akhir : 29
Januari 2013
Judul
Proyek :
Proposal
Pembuatan Iklan Produksi “GOOD TIME”
|
Lampiran
16 komentar:
Mbak ijin CoPas nggih... matursuwun.
Mbak, terima kasih untuk postingannya. Saya dapat referensi untuk tugas kuliah produksi audio visual. Semoga dibalas kebaikannya sama yang maha kuasa karena membagikan referensi kepada saya.
mbak e thanks atas contoh proposalnya,,,
Makasih banget postingannya kakak {}
minta ijin kopas yah, pas banget nih saya jadi dapet ilmu buat ujian praktik kejuruan multimedia :D :*
makasih sharing nya
makasih atas sharing nya mbak :)
izin copast ya mbak, makasih... :)
izin copas mbak, soalnya ini paling jelas dan lengkap, terimkasih banyak :-)
mbak ijin copast geh
mbak ajarin bikin story board nya dong
makasih banget kak postingannya, ijin copas ya :) makasih :)
Joss. Ijin copas ya;)
makasih ya mbak udh post, jadi saya bisa berinspirasi.
izin copas ya
Proposal emang harus ada pengertiannya ya ??
Terima kasih kak, izin copas
mba2 nya cantik
Thanks ijin share mba mba yang kerudungπππππππ
Posting Komentar